Sunday, January 26, 2014

ORISA 2013



 Peserta Seminar ORISA 2013. Ketua Panitia dan Koordinator SDI, Pak DEKAN, Pembicara Pak Irwan, MP



 Sambutan Ketua Umum FoKEI FE UNRAM. Misbahruddin




Ketua Umum Fokei Misbahruddin menyampaikan bahwa NTB merupakan salah satu daerah dengan mayoritas penduduknya adalah muslim, karena itu sudah sangat layak NTB menjadi daerah pelopor pengembangan ekonomi islam di Indonesia. Hal ini bukan bukan merupakan impian yang mustahil, karena potensi itu sangat besar didaerah ini diantaranya yaitu : 1). jumlah penduduk muslim yang besar menjadi potensi nasabah industri keuangan syari'ah 2) sumber daya alam yang melimpaah yang dapat dijadikan underlyng. dan lain-lain. 
      Secara Nasional selama 5 (lima) tahun terakhir ini, perbankan syari'ah mengalami peningkatan yanag sangat pesat keseluruhan asetnya mencapai Rp. 144 triliun, dengan rata-rata pertumbuhan mencapai lebih dari 40 %. Perkembangan tersebut cukup menggembirakan sekaligus merupakan tantangan. mengembirakan karena sistem ekonomi syari'ah yang sebenarnya mempunyai bentuk keunggulan antara lain karena menganut asas keseimbangan yang adil, mulai dikenal dan mendapat perhatian bukan saja pada tataran konseptual tetapi juga sudah masuk pada tataran operasional 
     Ditengah pekembangan industri perbankan syari'ah yang pesat tersebut, perlu disadari masih banyak beberapa tantangan yang harus diselesaikan agar perbankan syari'ah dapat meningkatkan kualitas pertumbuhannya dan mempertahankan akselarasinya secara berkesinambungn. 

   Berdasarkan hal-hal yang terdapat dalam tataran masyrakat atau problem-problem  maka kami dari Forum Kajian Ekonomi Islam (FoKEI) Fakultas Ekonomi Universitas Mataram, merasa berkewajiban untuk ikut serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang ekonomi syari'ah ini, maka kami mencoba menggagas kegiatan yang kiranya dapat dijadikan sebagai mediator untuk memberikan edukasi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat tentang ekonomi syariah. dengan tema "MEMBANGUN PEREKONOMIAN SYARIAH DARI NTB UNTUK INDONESIA"

   Hadirin yang saya hormati ketahuilah bahwa ekonomi islam itu tidak akan bumi di NTB khususnya umumnya indonesia tanpa memulai dari diri kita masing. baru lkita mencoba merubah perekonomian yang di anut oleh keluarga kita. Dan ketahuilah hadirin sekalian jika kita ingin menjadikan NTB ini menjadi Daerah yabg robbani maka salah satunya adalah memulai dari keluraga yang Robbani. jika kelurga Robbani sudah terbentuk baru masyarakat dan Daerah itu akan terbentuk. maka dari itu perbaiki keluargamu, dan untuk generasi muda mulailah memperbaiki dirimu agar kiranya kita semua melahirkan buah yang baik juga. 


   Sekian. 
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 comments:

Post a Comment