Tuesday, March 17, 2015

 
Setelah Inggris, sebuah negara dengan penduduk mayoritas non muslim tengah merancang penerbitan surat utang syariah pertamanya sepanjang sejarah. Negara manakah itu?
Dream - Tak mau ketinggalan Inggris, Hong Kong juga tengah bersiap-siap menerbitkan surat utang syariah pertama kalinya sepanjang sejarah. Tak tanggung-tanggung, empat bank besar bakal dilibatkan dalam pencetakan sejarah ini.
Mengutip laman Arabianbusiness, Minggu, 6 Juli 2014, Hong Kong telah memerintahkan HSBC, Standard Chartered, CIMB Group Holding, dan National Bank of Abu Dhabi untuk merancang penerbitan surat utang syariah pertamanya.
Mengutip sumber IFR, Otoritas The Hong Kong Monetary Authority (HKMA) yang mendapat mandat penerbitan sukuk ini berharap bisa menerbitkan surat utang Islami pada September tahun ini.
Dikabarkan, sukuk pertama Hong Kong ini akan menyasar dana publk antara US$ 500 juta hingga US$ 1 miliar. Diperkirakan sukuk ini bertenor 5 tahun.
Deputi Chief Executif HKMA, Peter Pang dalam sebuah keterangan pers April lalu mengatakan surat utang syariah Hong Kong ini akan menyasar investor institusional global.
Seperti diketahui, pembuat kebijakan Hong Kong telah meloloskan ketentuan perpajakan pada Maret lalu untuk memperbolehkan penjualan sukuk. (Ism)

0 comments:

Post a Comment